PENERAPAN METODE VISE KRITERIJUMSKA OPTIMIZACIJA I KOMPROMISNO RESENJE (VIKOR) DALAM SELEKSI PENERIMAAN GURU HONORER

Authors

  • Dian Rusvinasari Universitas Putra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32639/jasta.v1i2.184

Keywords:

Seleksi Penerimaan Guru Honorer, VIKOR, Pendukung Keputusan

Abstract

Memiliki guru yang berkualitas merupakan sebuah keharusan bagi sekolah dalam melaksanakan proses pendidikan yang bermutu. Untuk mendapatkan guru yang berkualitas didasarkan pada terselenggaranya proses seleksi penerimaan guru di sekolah tersebut. Proses seleksi penerimaan guru honorer jika yang menjadi acuan adalah kualitas dan kompetensi dari calon guru tersebut, maka sekolah akan mendapatkan calon guru yang berkualitas dan berkompeten. Sistem seleksi guru honorer di sekolah ini masih menggunakan metode konvensional, yaitu dengan melihat hasil tes tertulis dan wawancara. Perhitungan dari hasil penilaian juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika terdapat hasil penilaian yang sama maka menjadi kesulitan bagi pihak sekolah dalam menentukan calon guru honorer yang akan diterima. Proses seleksi penerimaan guru honorer saat ini masih dinilai secara subjektif sehingga dikhawatirkan terdapat penilaian yang berdasarkan kepentingan pribadi dan tidak berdasarkan kualitas dari calon guru honorer tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, untuk menjunjung tinggi objektivitas dalam seleksi penerimaan guru honorer maka perlu diterapkan suatu sistem pendukung keputusan untuk menyelesaikan proses seleksi penerimaan guru honorer. Penerapan metode VIKOR dinilai mampu menyelesaikan permasalahan yang ada. Hasil yang didapatkan dari penerapan metode VIKOR dalam seleksi penerimaan guru honorer diharapkan dapat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan yang tepat pada proses penerimaan guru honorer.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles