PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN WEIGHTED PRODUCT SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.32639/jasta.v1i1.39Keywords:
Teacher Performance Assessment, Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP)Abstract
Guru merupakan salah satu unsur penting yang harus dimiliki sekolah dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan. Guru harus selalu termotivasi untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik kepada siswanya, sehingga sekolah dapat meningkatkan kualitas sekolah menjadi sekolah unggulan yang hebat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sekolah adalah dengan melakukan evaluasi kinerja guru dengan memilih guru-guru terbaik. Mengevaluasi kinerja guru merupakan proses analitis yang bertujuan untuk menciptakan layanan pengajaran dan pendidikan yang lebih baik. Proses evaluasi kinerja guru masih manual dan belum detail. Dengan penilaian yang tidak mendetail, dikhawatirkan terdapat penilaian yang subjektif (berdasarkan kepentingan pribadi) dan dapat menimbulkan kecemburuan sosial dari guru lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dirancang sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan Metode Simple Additive Weighting dan Weighted Product. Berdasarkan hasil tingkat kesesuaian, perbandingan total persentase pada metode Weighted Product (WP) lebih besar yaitu total persentase 99.917%, dibandingkan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan total persentase sebesar 99.268%.