PENGARUH ANTESEDEN KECANDUAN ONLINE MOBILE GAME TERHADAP NIAT MELAKUKAN PEMBELIAN ITEM VIRTUAL PADA MAHASISWA

Authors

  • Yordan Hermawan Apidana Universitas Putra Bangsa
  • Kholifah Kholifah Universitas Putra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32639/jdbm.v2i1.265

Keywords:

Salience, Tolerance, Mood Modification, Relapse, Withdrawal, Conflict, Gaming Addiction, Purchase Intention, Virtual Item

Abstract

Mahasiswa yang mengalami kecanduan game game akan mengalami beberapa gejala kecanduan game seperti salience (berpikir tentang bermain game game sepanjang hari), tolerance (waktu bermain game game yang semakin meningkat), mood modification (bermain game game untuk melarikan diri dari masalah), relapse (cenderung untuk bermain game game kembali setelah lama tidak bermain), withdrawl (merasa buruk jika tidak bermain game game), conflict (bertengkar dengan orang lain karena bermain game game secara berlebihan). Mahasiswa yang kecanduan game game dinilai akan melakukan perilaku pembelian terhadap item-item virtual dalam game. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh anteseden kecanduan bermain game mobile online yaitu salience, tolerance, mood modification, relapse, withdrawal dan conflict terhadap niat melakukan pembelian virtual item. Berdasarkan analisis data diketahui: (1) salience berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melakukan pembelian virtual item, (2) tolerance berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melakukan pembelian virtual item, (3) mood modification berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melakukan pembelian virtual item, (4) relapse berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melakukan pembelian virtual item, (5) withdrawal berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melakukan pembelian virtual item, (6) conflict berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melakukan pembelian virtual item.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

PENGARUH ANTESEDEN KECANDUAN ONLINE MOBILE GAME TERHADAP NIAT MELAKUKAN PEMBELIAN ITEM VIRTUAL PADA MAHASISWA. (2023). Journal of Digital Business and Management, 2(1), 20-32. https://doi.org/10.32639/jdbm.v2i1.265