Analisis Manajemen Laba dalam Initial Public Offering (IPO) Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32639/3zbzwe63Keywords:
Manajemen Laba, Initial Public Offering (IPO), Modified Jones Model, Discretionary Accruals, Perusahaan ManufakturAbstract
Tujuan dari penelitian yaitu mendeteksi praktik manajemen laba yang dilakukan perusahaan manufaktur pada saat melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018, 2019, dan 2020. Metode yang dipakai dalam penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian merupakan data sekunder yang terdiri dari laporan keuangan yang bersumber dari laman resmi Bursa Efek Indonesia serta website perusahaan. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 43 perusahaan manufaktur yang melakukan initial public offering (IPO) pada tahun 2018, 2019, dan 2020. Penggunaan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dalam pada penelitian ini menemukan 41 perusahaan manufaktur yang sesuai dengan kriteria sampel. Teknik analisis data yaitu metode pendeteksian manajemen dengan modified jones model serta uji hipotesis dengan wilcoxon signed test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan manufaktur yang melaksanakan initial public offering (IPO) pada periode 2018-2020 melakukan praktik manajemen laba.