Strategi Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing

Studi Kasus UMKM pada Ulos Sianipar Medan

Authors

  • Misna Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salmi Pane Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizky Anggina Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Purnama Ramadani Silalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i1.254

Keywords:

E-commerce, Keunggulan Bersaing, UMKM, Ulos Sianipar

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi serta besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia membuat peluang bagi dunia usaha hal ini juga didukung dan didorong oleh program pemerintah agar banyak pelaku usaha yang memanfaatkan e-commerce agar terus mampu bersaing di tengah perkembangan teknologi saat ini. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan minat masyarakat untuk menerapkan e-commerce pada usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing produk konveksi pada UMKM khususnya Ulos Sianipar di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang konkrit tentang penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing produk konveksi UMKM di Ulos Sianipar Medan. Analisa SWOT di Ulos Sianipar digunakan sebagai acuan untuk mengubah proses transaksi manual menjadi transaksi online dengan memanfaatkan atau menyelaraskan Teknologi Informasi (information technology-IT) dengan kegiatan bisnis.

Downloads

Published

2023-03-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus UMKM pada Ulos Sianipar Medan. (2023). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(1), 87-93. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i1.254