Penerapan Algoritma C4.5 Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Puskesmas Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.32639/tiij.v1i1.391Keywords:
Kepuasan Pasien, Puskesmas, Algoritma C4.5, Decision TreeAbstract
Tingkat kepuasan pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting dalam mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan oleh puskesmas. Penelitian ini merujuk pada Puskesmas di Kebumen. Untuk mengetahui tingkat kepuasan berdasarkan berbagai faktor yang ada. Data yang dikumpulkan mencakup berbagai aspek yaitu pendaftaran, dokter, fasilitas, perawat, kenyamanan dan kebersihan, serta administrasi dan keuangan. Terdapat enam aspek untuk mengukur kualitas pelayanan yang didasarkan pada harapan dengan kinerja yang dirasakan oleh para pasien. Penilaian kepuasan pasien berdasarkan kuisioner yang diisi oleh pasien. Hasil kuisioner akan diolah menggunakan metode algoritma C4.5. Algoritma C4.5 adalah metode klasifikasi dan menghasilkan pohon keputusan. Algoritma ini mengubah fakta yang besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan algoritma C4.5, dapat membantu puskesmas dalam meningkatkan pelayanan sesuai dengan hasil kuisioner. Hasil perhitungan dari kuisioner pasien terdapat 12 jawaban puas dan 8 jawaban tidak puas dengan total kuisioner yang diisi sejumlah 20 kuisioner. Nilai gain tertinggi adalah pada atribut dokter dengan nilai 0.38302934. Dengan indicator variabel cukup puas yang memiliki entropy tertinggi dengan nilai 0.979868757.