Penerapan Algoritma C4.5 Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Puskesmas Kebumen

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Putra Bangsa
  • Alfiana Dian Puspita Dewi Universitas Putra Bangsa
  • Firyal Azka Putri Universitas Putra Bangsa
  • Fitria Desi Anugraheni Universitas Putra Bangsa
  • Robitoh Robitoh Universitas Putra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32639/tiij.v1i1.391

Keywords:

Kepuasan Pasien, Puskesmas, Algoritma C4.5, Decision Tree

Abstract

Tingkat  kepuasan  pelayanan  kesehatan  merupakan  hal  yang  penting  dalam  mengevaluasi  kualitas layanan yang diberikan oleh puskesmas. Penelitian ini merujuk pada Puskesmas di Kebumen. Untuk mengetahui tingkat kepuasan berdasarkan berbagai faktor yang ada. Data yang dikumpulkan mencakup berbagai  aspek  yaitu  pendaftaran,  dokter,  fasilitas,  perawat,  kenyamanan  dan  kebersihan,  serta administrasi dan keuangan. Terdapat enam aspek untuk mengukur kualitas pelayanan yang didasarkan pada harapan dengan kinerja yang dirasakan oleh para pasien. Penilaian kepuasan pasien berdasarkan kuisioner yang diisi oleh pasien. Hasil kuisioner akan diolah menggunakan metode algoritma C4.5. Algoritma C4.5 adalah metode klasifikasi dan menghasilkan pohon keputusan. Algoritma ini mengubah fakta yang besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan algoritma C4.5, dapat membantu puskesmas dalam meningkatkan pelayanan sesuai dengan hasil kuisioner. Hasil perhitungan dari kuisioner pasien terdapat 12 jawaban puas dan 8 jawaban tidak puas dengan total kuisioner yang diisi sejumlah 20 kuisioner. Nilai gain tertinggi adalah pada atribut dokter dengan nilai 0.38302934. Dengan indicator variabel cukup puas yang memiliki entropy tertinggi dengan nilai 0.979868757.

Author Biography

  • Rahmat Hidayat, Universitas Putra Bangsa

     

     

Downloads

Published

2023-10-19

Issue

Section

Articles