Evaluasi User Experience pada Game Belajar Mudah Huruf Hijaiyah dan IQRO Menggunakan Metode Think Aloud

Authors

  • Awaludin 'Abid Universitas Putra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32639/tiij.v1i1.48

Keywords:

Usability, Game Education, Think Aloud, IQRO, Anak-anak

Abstract

Smartphone bukan halbaru bagi kalangan anak-anak untuk usia 6-10 tahun. Disisi lain perkembangan aplikasi dan game untuk smartphone juga sangat pesat, dari permainan hingga konten Pendidikan. Game edukasi untuk smartphone salah satunya adalah  Belajar Mudah huruf hijaiyah dan IQRO, game ini berisi permainan dan materi dalam belajar mengenal huruf hijaiyah serta belajar IQRO. Di Play Store Game tersebut masih dalam tahap pengembangan, dalam evaluasi User Expeience game ini melihat pada rating dan juga komentar, kurangnya data masih menjadi kendala maka dari itu perlu dilakukan pengujian yang lebih untuk pengembangan game dengan metode Usability Testing.Think Aloud adalah sebuah metode untuk menguji sebuah sistem yang melibatkan pengguna dengan cara verbalisasi secara berlanjut terhadap apa yang pengguna rasakan dan pikirkan ketika menggunakan sebuah sistem. Metode ini sangat cocok diterapkan mengingat game ini dikhususkan oleh anak yang kurang dalam menyampaikan pengalaman dalam mengggunakan game secara tertulis. Terdapat beberapa fitur yang harus diperbaiki dalam game ini.

Downloads

Published

2022-02-19

Issue

Section

Articles