UMKM Naik Kelas : Pengembangan Melalui Digital Marketing dan Sikap Kewirausahaan Islam

Main Article Content

Dea Cahya Ramadhani
Kharis Fadlullah Hana

Abstract

UMKM merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana cara membuat UMKM naik kelas dengan pengembangan melalui digital marketing dan sikap kewirausahaan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan dengan umlah informan sebanyak 3 informan yaitu pelaku UMKM di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus dengan waktu observasi sekitar 30 menit. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media digital telah meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Sikap kewirausahaan Islam dan etika berkaitan karena etika mengungkapkan tingkat tanggung jawab seseorang. Dalam berwirausaha harus menerapkan tekad yang kuat, sikap rajin dan cekatan serta kejujuran. Sikap yang lebih baik akan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Maka dari itu harus dilakukan pengembangan terhadap UMKM di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Pengembangan UMKM tersebut  dapat dilakukan melalui digital marketing dan juga diikuti dengan menerapkan sikap kewirausahaan Islam.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Ramadhani, D. C., & Hana, K. F. (2024). UMKM Naik Kelas : Pengembangan Melalui Digital Marketing dan Sikap Kewirausahaan Islam . Fokus Bisnis Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 23(1), 58-72. https://doi.org/10.32639/fokbis.v23i1.751

Most read articles by the same author(s)