Peran Teknologi Informasi dalam Penerapan Proses Bisnis pada Supply Chain Management (SCM)

Main Article Content

Listiya Andana Lubis
Annisah Fildzania Hayatunnufus
Siti Aisyah

Abstract

Supply chain management (SCM) merupakan integrasi proses-proses bisnis kunci dari pengguna akhir sampai ke pemasok awal yang menyediakan produk, jasa, dan informasi yang memberikan nilai tambah untuk pelanggan dan pihak-pihak terkait lainnya. Untuk mengimplementasikan SCM, teknologi informasi diperlukan sebagai salah satu prasyarat. Dalam kajian ini diidentifikasikan peranan teknologi informasi dalam penerapan SCM. Identifikasi dan analisis dilakukan pada masing-masing proses bisnis kunci SCM, yang meliputi: manajemen hubungan pelanggan, manajemen pelayanan pelanggan, manajemen permintaan, pemenuhan pesanan, manajemen aliran manufaktur, manajemen hubungan pemasok, pengembangan dan komersialisasi produk, dan manajemen pengembalian (return management). Hasil kajian menunjukkan bagaimana teknologi informasi memegang peranan penting dalam masingmasing proses bisnis SCM. Teknologi informasi diperlukan dalam perbaikan kinerja rantai pasok terutama untuk mengurangi ketidakpastian. Selain itu, dari hasil analisis dapat disimpulkan sejumlah kendala dalam penerapan teknologi informasi dalam implementasi SCM tersebut.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Lubis, L. A., Hayatunnufus, A. F., & Aisyah, S. (2022). Peran Teknologi Informasi dalam Penerapan Proses Bisnis pada Supply Chain Management (SCM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 456-461. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i4.128

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)