Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Disiplin Kerja, dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.32639/0nt7bs23Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Disiplin Kerja, Profesionalisme, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik, disiplin kerja, dan profesionalisme terhadap kinerja guru di SMP Negeri 3 Karanganyar, Kebumen. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner berskala Likert dengan sampel 38 responden melalui teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan SPSS versi 25.00, meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Uji f juga mengindikasikan bahwa kompetensi pedagogik, disiplin kerja, dan profesionalisme secara simultan memengaruhi kinerja guru. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 81,0% menunjukkan bahwa sebagian besar variabilitas kinerja guru dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sementara sisanya 19,0% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.