Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada UMKM Berbasis Bisnis Islami

Authors

  • Arif Sapta Yuniarto Universitas Ahmad Dahlan
  • Eko Suyono Universitas Jenderal Soedirman
  • Dewi Susilowati Universitas Jenderal Soedirman
  • Eliada Herwiyanti Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.32639/qvkhhj22

Keywords:

ICSR, Tawhid, Syariah, Maqasid Asy Syariah, Kalifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) pada sebuah institusi bisnis Islami. Sebuah perusahaan ritel milik pengusaha Muslim yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, dipilih sebagai objek penelitian ini. Menggunakan metode fenomenologi, penelitian ini memadukan wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data primer kualitatif. Data dianalisis menggunakan analisis isi tematik untuk mencerminkan temuan yang berkaitan dengan konsep tawhid, maqasid asy-syariah, dan tanggung jawab dalam Islam. Penelitian ini mengamati bahwa perusahaan ritel telah melaksanakan 42 aktivitas untuk memenuhi tanggung jawab terhadap karyawan, pelanggan, masyarakat, lingkungan, dan pemerintah. Aktivitas-aktivitas tersebut kemudian dapat diklasifikasikan ke dalam sembilan tanggung jawab primer (dururiyyat), sembilan tanggung jawab pelengkap (hajiyyat), dan 26 tanggung jawab penyempurna (tahsiniyyat). Penelitian ini juga mengungkapkan adanya satu aktivitas yang bertentangan dengan syariah, yaitu pemberian diskon kepada pelanggan yang menggunakan kartu kredit/debit bank konvensional.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada UMKM Berbasis Bisnis Islami. (2024). Fokus Bisnis Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 23(2), 234-251. https://doi.org/10.32639/qvkhhj22

Most read articles by the same author(s)