Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada UMKM Merdeka Sumedang Binaan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32639/fokbis.v23i1.761Keywords:
UMKM, Customer Relationship Management, Technology-Based Relationship, Brand-Based Relationship, Human-Based RelationshipAbstract
Perkembangan UMKM di Indonesia mencapai 66 juta ditahun 2023. Biasanya, setiap UMKM memiliki permasalahan yang serupa seperti pemasaran, permodalan, pengelolaan keuangan, legalitas usaha, dan distribusi. Kehadiran CCEP Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab kepada lingkungan akan membantu UMKM melalui pembinaan. Salah satu daerah yang dibantu adalah Kabupaten Sumedang. Kelima UMKM Binaan CCEP Indonesia bagian Sumedang Plant memiliki permasalahan yang serupa dengan UMKM pada umumnya. Namun, salah satu yang menjadi perhatian berkaitan dengan penerapan customer relationship management (CRM), sehingga tujuan penelitian ini untuk menggambarkan penerapan dan analisis sederhana mengenai CRM di lima UMKM yang dibina CCEP Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualititatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan untuk penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan analisis yang dilakukan, kelima UMKM menerapkan CRM secara sederhana dan penggunaan CRM dalam digitalisasi masih belum maksimal. Analisis ini dilakukan melalui pendekatan technology-based relationship, brand-based relationship, dan human-based relationship.