Peran Interest to Buy sebagai Variabel Mediasi pada Brand Ambassador dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Reni Suci Wahyuni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Henny Welsa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muinah Fadhilah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.32639/fokbis.v21i1.107

Keywords:

Brand Ambassador, Online Customer Review, Interest to Buy, Purchase Decision

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Ambassador dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh minat beli pada e-commerce Shopee sehingga nantinya dapat menjadi referensi dalam dunia e-commerce. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kebumen dengan sampel sebanyak 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Brand Ambassador dan Online Customer Review sebagai variabel independen sedangkan keputusan pembelian merupakan sebagai variabel dependen dan minat beli menjadi variabel mediasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, diperoleh jawaban responden yang dikumpulkan dengan bantuan kuesioner. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diuji menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Ambassador tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dan keputusan pembelian, Online Customer Review berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli maupun keputusan Pembelian, Minat Beli berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat beli tidak dapat memediasi hubungan antara Brand Ambassador dengan keputusan pembelian, Minat beli dapat memediasi hubungan antara Online Customer Review dengan keputusan pembelian.

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Peran Interest to Buy sebagai Variabel Mediasi pada Brand Ambassador dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision pada E-Commerce Shopee. (2022). Fokus Bisnis Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 21(1), 99-112. https://doi.org/10.32639/fokbis.v21i1.107

Similar Articles

1-10 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.