Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Semangat Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru di MTs Negeri 8 Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i3.449Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Semangat Kerja, Prestasi Kerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan semangat kerja terhadap prestasi kerja guru di MTs Negeri 8 Kebumen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan statistik yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.0. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa kecerdasan emosional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru, kecerdasan spiritual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru dan semangat kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru. Selain itu secara simultan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru.