Apakah Firm Size Mampu Memoderasi Sales Growth, Investment Opportunity Set, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan?
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i5.480Keywords:
Firm Size, Sales Growth, Investment Opportunity Set, Leverage, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah Firm Size mampu memoderasi Sales Growth, Investment Opportunity Set, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan industri sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 24 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis statistik. Hasil pembuktian hipotesis terhadap Nilai Perusahaan menunjukkan bahwa variabel Sales Growth tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan karena nilai signifikansi Sales Growth lebih dari tingkat signifikansi (0,329>0,05), Investment Opportunity Set berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan karena nilai signifikansi IOS kurang dari tingkat signifikansi (0,0000,05). Hasil pembuktian hipotesis terhadap Firm Size menunjukkan bahwa Firm Size tidak mampu memoderasi hubungan antara Sales Growth, Investment Opportunity Set, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan sub sektor makanan dan minuman karena nilai signifikansi Firm Size lebih dari 0,05.