Pengaruh Price Earning Ratio, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi
Studi pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2020
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i2.95Keywords:
Price Earning Ratio, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Struktur ModalAbstract
Nilai perusahaan tercermin dalam harga saham perusahaan yang tercermin dalam daya tawar saham. Pertumbuhan perusahaan merupakan salah satu indikator atau pengukuran tentang bagaimana perusahaan berkembang atau tumbuh dalam periode tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh price earning ratio, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel moderasi pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini sebanyak 13 perusahaan dengan jumlah sampel sebanyak 12 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data triwulan dengan jumlah data 144 sampel dan menggunakan SPSS 25 sebagai alat uji statistik untuk menguji uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linier berganda dan uji residual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price earning ratio, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Struktur modal memperlemah hubungan antara price earning ratio, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.