Pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, Money Availability terhadap Impulse Buying
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i2.435Keywords:
Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, Money Availability, Impulse BuyingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hedonic shopping value, shopping lifestyle, money availability terhadap impulse buying pada Pengguna ShopeePay di Kabupaten Kebumen. Populasi pada penelitian ini yaitu Pengguna ShopeePay di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dengan menggunakan skala Likert 4. Penelitian ini mengambil 150 responden. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Hipotesis diuji menggunakan teknis analisis regresi dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa hedonic shopping value berpengaruh terhadap impulse buying, shopping lifestyle berpengaruh terhadap impulse buying, money availability berpengaruh terhadap impulse buying. Berdasarkan hasil Uji R² (Koefisien Determinan) diperoleh nilai R Square sebesar 0,469 sehingga disimpulkan bahwa besarnya variabel hedonic shopping value, shopping lifestyle, money availability mempengaruhi variabel impulse buying sebesar 46,9%, sedangkan sebesar 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.