UMKM Naik Kelas : Pengembangan Melalui Digital Marketing dan Sikap Kewirausahaan Islam

Authors

  • Dea Cahya Ramadhani IAIN Kudus
  • Kharis Fadlullah Hana IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32639/fokbis.v23i1.751

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Sikap Kewirausahan Islam

Abstract

UMKM merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana cara membuat UMKM naik kelas dengan pengembangan melalui digital marketing dan sikap kewirausahaan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan dengan umlah informan sebanyak 3 informan yaitu pelaku UMKM di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus dengan waktu observasi sekitar 30 menit. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media digital telah meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Sikap kewirausahaan Islam dan etika berkaitan karena etika mengungkapkan tingkat tanggung jawab seseorang. Dalam berwirausaha harus menerapkan tekad yang kuat, sikap rajin dan cekatan serta kejujuran. Sikap yang lebih baik akan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Maka dari itu harus dilakukan pengembangan terhadap UMKM di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Pengembangan UMKM tersebut  dapat dilakukan melalui digital marketing dan juga diikuti dengan menerapkan sikap kewirausahaan Islam.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

UMKM Naik Kelas : Pengembangan Melalui Digital Marketing dan Sikap Kewirausahaan Islam . (2024). Fokus Bisnis Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 23(1), 58-72. https://doi.org/10.32639/fokbis.v23i1.751

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.