Studi Preferensi Pembelian Sayuran Segar di Pasar Tumenggungan Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i2.431Keywords:
Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, keragaman produk terhadap keputusan pembelian sayuran segar di pasar Tumenggungan Kebumen. Data sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian sayuran segar di pasar Tumenggungan Kebumen yang berjumlah 150 orang. Instrumen atau alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji t, uji F, analisis regresi linier berganda (skala likert). Data dianalisis dengan bantuan program SPSS Release 26.0 for Windows. Hasil analisis membuktikan bahwa harga secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis membuktikan bahwa keragaman produk secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis membuktikan bahwa kualitas pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis membuktikan bahwa harga, keragaman produk dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.