Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control dan Religiosity Terhadap Purchase Intention Kosmetik Berlabel Halal
Studi pada Remaja Putri di Kabupaten Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i2.445Keywords:
Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control, Religiosity, Purchase IntentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude, subjective norm, perceived behavior control dan religiosity terhadap purchase intention kosmetik berlabel halal (studi pada remaja putri di Kabupaten Banyumas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah para calon konsumen yang belum pernah membeli kosmetik berlabel halal dan berniat untuk membeli kosmetik berlabel halal. Metode yang digunakan adalah non probability sampling yaitu purposive sampling. Hipotesis diuji menggunakan teknik analisis linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa attitude secara parsial berpengaruh signifikan terhadap purchase intention kosmetik berlabel halal, subjective norm secara parsial berpengaruh signifikan terhadap purchase intention kosmetik berlabel halal, perceived behavior control secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention kosmetik halal, religiosity secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention kosmetik halal. Sedangkan hasil uji F yang dilakukan berhasil membuktikan bahwa atttitude, subjective norm, perceived behavior control dan religiosity secara simultan berpengaruh terhadap purchase intention kosmetik berlabel halal.