Pengaruh Green Brand Knowledge dan Environmental Concern Terhadap Green Purchase Intention Melalui Green Attitude pada Produk The Body Shop
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i4.430Keywords:
Green Brand Knowledge, Environmental Concern, Green Attitude, Green Purchase IntentionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green brand knowledge dan environmental concern terhadap green purchase intention melalui green attitude pada produk The Body Shop. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Kebumen yang mengetahui produk The Body Shop. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, dan uji normalitas), uji hipotesis, uji analisis korelasi, dan analisis jalur dengan program SPSS 23 for windows, Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa green brand knowledge dan environmental concern memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap green purchase intention. Selain itu, dengan uji sobel diketahui bahwa green attitude tidak memiliki pengaruh penuh sebagai mediasi variabel green brand knowledge terhadap green purchase intention, namun green attitude memiliki pengaruh sebagai mediasi variabel environmental concern terhadap green purchase intention.