Pengaruh Kualitas Pelayanan, Aksesibilitas, dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pasien Klinik Pratama Sentra Medika
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i5.455Keywords:
Service Quality, Accessibility, Company Image, Loyalty of PatienAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, Kualitas Pelayanan, Aksesibilitas, dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pasien Klinik Pratama Sentra Medika. Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien Klinik Pratama Sentra Medika. Penelitian ini mengambil 100 responden menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan angket/kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan (X1), Aksesibilitas (X2), Citra Perusahaan (X3), dan Loyalitas Pasien (Y). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis desktiptif dan statistik yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi kalsik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS Release 25.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua variabel valid dan reliabel, tidak terdapat multikolinearitas, tidak terjadi heterokedastisitas dan model memenuhi asumsi normalitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien (2) Aksesibilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien (3) Citra Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien (4) Kualitas Pelayanan, Aksesibilitas, dan Citra Perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pasien. Nilai R Square persamaan diatas sebesar 0,626, artinya 62,6% variabel loyalitas pasien Klinik Pratama Sentra Medika dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, aksesibilitas, dan citra perusahaan sedangkan sisanya 37,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini.