Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Gimmeback di Kabupaten Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i5.437Keywords:
Brand Image, Brand Awareness, Desain Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand awareness dan desain produk terhadap keputusan pembelian pada Distro Gimmeback di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand image (X1), brand awareness (X2), desain produk (X3), dan keputusan pembelian (Y). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linear berganda, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan program IBM SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua variabel dinyatakan valid dan reliabel, tidak terdapat multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan memenuhi syarat asumsi normalitas. Variabel brand image (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Distro Gimmeback di Kabupaten Kebumen. Variabel brand awareness (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Distro Gimmeback di Kabupaten Kebumen. Variabel desain produk (X3) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Distro Gimmeback di Kabupaten Kebumen. Variabel brand image, brand awareness, dan desain produk berpengaruh simultan terhadap keputusan pembelian pada Distro Gimmeback di Kabupaten Kebumen. Pengaruh variabel keputusan pembelian yang dijelaskan oleh variabel brand image, brand awareness,dan desain prooduk dalam penelitian ini sebesar 41,9%, sedangkan 58,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.