Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121Keywords:
Kemudahan, Fitur Layanan, Promosi, Keputusan PenggunaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, fitur layanan dan promosi terhadap keputusan penggunaan. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Kebumen, dan yang memiliki aplikasi e-wallet Dana dan pernah menggunakan atau bertransaksi melalui aplikasi e-wallet Dana dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel dengan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas), uji parsial,uji stimultan dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemudahan, fitur layanan dan promosi berpengaruh terhadap keputusan penggunaan sebesar 42,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas dan reliabilitas semua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji t kemudahan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan penggunaan, sedangkan fitur layanan dan promosi masing masing memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan penggunaan.