Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Product Features dan Reference Group Terhadap Keputusan Penggunaan
Studi pada Pengguna TikTok di Kabupaten Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i2.442Keywords:
Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Product Features, Reference Group, Keputusan PenggunaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, product features dan reference group terhadap keputusan penggunaan pada pengguna TikTok di Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten kebumen yang pernah dan sedang menggunakan aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel dengan sebanyak 125 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 25 for windows. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, product features dan reference group berpengaruh terhadap keputusan penggunaan sebesar 50.1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas dan reliabilitas semua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji t perceived usefulness, perceived ease of use dan product features masing-masing berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan, sedangkan reference group tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan.