Pengaruh Persepsi Kualitas, Electronic Word of Mouth, dan Country of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung

Studi pada Mahasiswa Universitas Putra Bangsa Kebumen

Authors

  • Febri Adi Purba Universitas Putra Bangsa
  • Ika Susilowati Universitas Putra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.116

Keywords:

Perceived Quality, Electronic Word of Mouth, Country of Origin, Purchasing Decisions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh variabel persepsi kualitas,electronic word of mouth, dan country of origin terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada Mahasiswa Universitas Putra Bangsa Kebumen. Teknik pegambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, dengan salah satu kriteria pernah membeli dan menggunakan smartphone merek Samsung dalam kurun waktu 2017-2022. Alat analisis statistik dalam penelitian ini adalah software SPSS versi 25, dengan beberapa uji yang dilakukan seperti: Uji instrumen, Uji asumsi klasik, Analisis regresi linier berganda,Uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian, semua variabel lolos Uji instrumen dan lolos Uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel electronic word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, dan variabel country of origin berpengruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan, ketiga variabel X secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Downloads

Published

2022-06-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Persepsi Kualitas, Electronic Word of Mouth, dan Country of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung : Studi pada Mahasiswa Universitas Putra Bangsa Kebumen. (2022). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 373-386. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.116