Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup, dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian Polygon di Kebumen
Studi pada Pengguna Polygon di Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i1.30Keywords:
Kelompok Acuan, Gaya Hidup, Motivasi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, gaya hidup, dan motivasi terhadap keputusan pembelian Polygon di Kebumen. Populasi pada penelitian ini yaitu pengguna Polygon di Kebumen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kelompok acuan, gaya hidup, dan motivasi, sedangkan variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan purposive sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 109 orang responden. Hipotesis diuji dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok acuan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Motivasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok acuan, gaya hidup, dan motivasi, secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Polygon di Kebumen. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,419 artinya sebesar 41,9% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kelompok acuan, gaya hidup, dan motivasi, sedangkan 58,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.