Pengaruh Search Engine Optimization, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Erigo di Tokopedia
Studi pada Konsumen Erigo di Kabupaten Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i2.424Keywords:
Search Engine Optimization, Online Customer Review, Online Customer Rating, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh search engine optimization, online customer review, dan online customer rating terhadap keputusan pembelian Erigo pada Tokopedia di Kabupaten Kebumen. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Erigo di Kebumen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu search engine optimization, online customer review, online customer rating sedangkan variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan purposive sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 110 orang responden. Hipotesis diuji dengan bantuan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa search engine optimization berpengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Online customer review berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Online customer rating berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan search engine optimization, online customer review, online customer rating, secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian Erigo pada Tokopedia di Kabupaten Kebumen. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,140 artinya sebesar 14% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel search engine optimization, online customer review, online customer rating, sedangkan 86% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.